Minggu, 03 Juni 2012

Aplikasi Pendataan Pendidikan


Aplikasi Pendataan Pendidikan ini adalah aplikasi Pendataan yang diterbitkan oleh Ditjen Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yang berfungsi untuk pendataan Sekolah, Tenaga Pendidik (PTK), dan Siswa.

Aplikasi ini dapat berjalan secara Offline maupun Online. Namun, intinya semua data yang di entry, apabila sudah benar-benar valid dan absah, harus di kirim ke pusat Server, sehingga data sekolah akan benar-benar diterima oleh Pusat Server, yang bertugas untuk menyimpan data Pendidikan Sekolah.

Untuk lebih jelasnya, aplikasi ini dapat di unduh di link sebagai berikut :
http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id/new/index.php/c/pg/panduan-aplikasi

Aplikasi ini seharusnya sudah diterima oleh sekolah-sekolah di seluruh Indonesia, paling lambat awal bulan Mei 2012. Sehingga sekolah dapat segera menyelesaikan pendataan di sekolahnya, dan pusat sudah menerima data sekolah sebelum tahun ajaran baru.

Tentang aplikasi ini, berikut tanya jawab yang berkenanan tentang aplikasi ini. Kami copy dari link http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id/new/index.php/c/pg/panduan-aplikasi di atas...
Semoga bermanfaat.....

Tanya Jawab

=============================
KEBIJAKAN PENDATAAN DITJEN DIKDAS
=============================
1. Apa yang melandasi sistem pendataan pendidikan dasar ini?
a. terbitnya instruksi menteri no.2 Tahun 2011 Tentang Pelaksanaan Pendataan di lingkungan Kemdikbud
b. Permendiknas no.51 Tahun 2011 tentang petunjuk teknis penggunaan dana BOS

2. Untuk apa pendataan ini?
a. untuk memenuhi seluruh kebutuhan data Kemdikbud sebagai dasar perencanaan dalam pelaksanaan program yang bersifat transaksional dengan Daerah maupun langsung dengan sekolah dan seluruh entitas data Pendidikan seperti : Penyaluran dana BOS, Rehab, Tunjangan Guru, Subsidi siswa miskin.

3.  Apa manfaatnya bagi sekolah ?
a. Dalam aplikasi sudah tersedia fasilitas untuk membuat profil sekolah dan asbsensi kelas
b. Data sekolah yang terupdate dapat dikenali langsung oleh pusat akan kebutuhan dan kondisinya
c. Untuk PTK, terfasilitasi sistem updating data setiap ada perubahan yang terjadi pada masing-masing individu PTK
d. Alokasi anggaran BOS berdasarkan basis data yang dikirimkan oleh sekolah
e. untuk Siswa akan mudah dikenali keadaan dan kebutuhannya (prestasi, beasiswa, subsidi, dll)
f. Sekolah yang tidak melakukan pendataan individual inI kemungkinan tidak teridentifikasi untuk penyaluran  program-program pendidikan yang digulirkan oleh Kemdikbud

4. Apa manfaatnya bagi Dinas Pendidikan Provinsi/Kab/Kota ?

 a. Bagian dari Tupoksi yang bersinergi dengan program-program Kemdikbud
 b. Profil Pendidikan Prov/Kab/kota yang memiliki akurasi tinggi dengan berbasiskan data individual
 c. *)Sedang dibangun sistem pemanfaatannya agar dinas Pendididkan Kab/kota dapat merasakan pemanfaatannya secara langsung

=============================
PETUNJUK TEKNIS BAGI SEKOLAH
=============================

1. bagaimana cara memulai pendataan di sekolah?

a. unduh formulir pendataan beserta petunjuk pengisiannya
b. fotocopy formulir tersebut sebanyak Siswa (F-PD), PTK (F-PTK) dan sekolah (F-SEK)
c. distribusikan ke masing-masing, jika memungkinkan pihak sekolah mengadakan pertemuan panduan pengisian formulir secara bersama
d. Formulir diisi secara manual (tulisan tangan) diisi secara lengkap, benar dan valid
e. Formulir pendataan yang sudah terisi dikumpulkan secara kolektif di sekolah masing-masing
f. Diperiksa kebenaran isi secara umum oleh pihak sekolah
g. di inputkan ke dalam aplikasi pendataan
h. dikirimkan melalui aplikasi pendataan yang terkoneksi internet

2. bagaimana dengan nomor-nomor pendataan yang sudah ada sebelumnya (NPSN, NSS, NUPTK, NISN, dll) ?
a. aplikasi sudah bersifat prefilled (terisi sebagian) sudah ada nomor NPSN, NSS, NUPTK
b. jika ada data yang keliru di update dengan data yang benar
c. NPSN, NSS, WAJIB diisi bagi sekolah yang MEMILIKI,  bagi yang belum di KOSONGKAN
d. NISN WAJIB diisi bagi SISWA yang MEMILIKI bagi yang belum di KOSONGKAN
e. NUPTK WAJIB diisi bagi PTK yang MEMILIKI bagi yang belum diKOSONGKAN

3. Kapan di mulai pendataan?
a. dimulai dari sekarang dan berakhir pada bulan september 2012, sebagai data pengajuan anggaran BOS 2013
b. ketika penerimaan siswa baru (juni-juli) tinggal updating data siswa baru dan siswa yang naik kelas

4. bagaimana cara mempelajari aplikasinya?
a. baca manual aplikasi nya,
b. lihat video tutorialnya
c. tanyakan ke helpdesk online kami atau ke KKDATADIK DINAS PENDIDIKAN KABKOTA setempat

5. Bagaimana pendanaannya?
a. baca petunjuk teknis pendataan bagi sekolah, contoh perhitungannya ada didalamnya
b. anggaran koneksi internet, dll dianggarkan di dalam dana BOS

6. diprogram lain seperti rehab, siswa miskin, dll sekolah kami mendapat formulir yang sama, bagaimana penjelasannya?
a. betul, pendataan bersifat satu pintu untuk semua pelaksanaan program
b. aplikasi dan formulirnya menggunakan aplikasi pendataan pendidikan dasar
c. semua pendataan melekat pada seluruh pelaksanaan program kemdikbud


===================
PETUNJUK TEKNIS APLIKASI
==================


PASTIKAN anda telah membaca dan memahami Manual Aplikasi Pendataan dan lihat Video Tutorial Aplikasi Pendataan Desktop
1. Bagaimana cara penginstalan aplikasi pendataan ini ?
a Jika mendapatkan DVD
b.  Masukan DVD, pilih Menu Aplikasi Pendataan. Kemudian pilih setup.exe
c.  Install hingga selesai
d. JIka Mendownload/mengcopy dari Kabupaten/Kota
e. Pilih setup.exe
f.  Install hingga selesai
g. Setelah selesai installasi, maka silahkan isi Nama Lengkap, Email, Password dan Kode Registrasi Sekolah
h.  Setelah registrasi berhasil, maka di dalam aplikasi terdapat data awal Sekolah dan data awal PTK yang bersangkutan.

2. Mengapa penginstallan aplikasi gagal di lakukan ?
kasus 1
a. Karena sudah terinstall aplikasi versi lama. Pastikan sebelum install aplikasi baru, aplikasi sebelumnya harus berhasil di uninstall.
b. Uninstall Aplikasi Adobe Air
c. Hapus Folder di C:Program Files Aplikasi Pendataan
d Untuk Windows 7 dan Vista
e Hapus C:Users:[user yang dipakai]:AppData: Roaming:id.go.kemdikbud.dikdas.pendataan.desktop
f. Untuk Windows XP
 Hapus C:Documents and Settings[user yang dipakai]-Application Data-id.go.kemdikbud.dikdas.pendataan.desktop
g. Baru kemudian install aplikasi yang baru (versi 1.0.12)

kasus 2
biasanya kegagalan aplikasi terjadi di beberapa kasus :

a. sudah terinstal aplikasi pendataan sebelumnya
solusi : uninstall terlebih dahulu aplikasi yang existing, hapus folder c:aplikasi pendataan install kembali aplikasi
b. menggunakan koderegistrasi kkdatdik dalam keadaan offline
solusi : jika menggunakan koderegistrasi kkdatadik sebaiknya dalam keadaan online, catatan penting aplikasi dengan menggunakan koderegistrasi kkdatadik hanya untuk upload data sekolah tidak untuk mengentri data
c. menggunakan OS XP dibawah 64 bit
solusi : uninstall aplikasi tersebut hapus folder c:aplikasi pendataan install kembali aplikasi
jika masih gagal/tidak bisa di uninstall hapus langsung foder c:aplikasi pendataan
d. di block oleh antivirus
solusi : pastikan antivirus di koputer anda dalam keadaan tidak aktif, matikan fungsi antivirus kalau perlu uninstall antivirus tersebut
e. salah kode registrasi
solusi : pastikan kode registrasi itu sesuai yang tertera di daftar kami, sebaiknya copy paste saja, khawatir salah ketik, sebab sering tertukar antara 0 dengan o (nol dengan huruf o)

3. Mengapa kode registrasi perlu dan bagaimana cara mendapatkannya ?
a. Kode registrasi sebagai prasyarat untuk dapat masuk kedalam aplikasi pendataan dikdas.
b. Cara mendapatkannya :
c. Akan dikirimkan paket DVD ke sekolah masing-masing; atau
d. Silahkan hubungi KK-DATADIK Kab/Kota setempat untuk mendapatkan kode registrasi sekolah.

4. Apakah sama aplikasi pendataan sekolah yang satu dengan sekolah yang lainnya ?
a. SAMA, yang membedakan hanyalah kode registrasi sekolah masing-masing

5. Kenapa ketika kita log out kemudian kita log in kembali data yg tersimpan tiba-tiba hilang?
a. Kemungkinan aplikasi masih menggunakan versi lama (dibawah atau sama dengan v.1.0.11) gunakanlah versi v.1.0.12
b. Ketika menginput data, data yang dimasukan invalid (tidak benar). Sehingga data yang diinput setelahnya tidak akan tersimpan. Dan ketika muncul windows peringatan data invalid, maka segera diperbaiki karena system tidak akan menyimpan data sebelum data di perbaiki

6. Saya sudah mengentry data pada komputer yang tidak terkoneksi internet. Kemudian saya ingin mengirimkan ke dalam server pendataan, bagaimana caranya?
a. Silahkan “Simpan Lokal”
b.  Kemudian bawa file hasil simpan lokal tersebut ke komputer yang terhubung dengan koneksi internet
c. Install Aplikasi Desktop di komputer tersebut
d. Klik “Restore”, cari file yang sebelumnya. Maka aplikasi akan menutup dengan sendirinya
e. Silahkan masuk kembali ke dalam aplikasi, dan klik tombol “Kirim Server” untuk mengirimkan data ke server pendataan. Hingga progress bar tercapai 100%

7. Bagaimana memastikan bahwa data yang telah saya kirim masuk ke dalam system?
a. Silahkan lihat di http://infopendataan.dikdas.kemdiknas.go.id untuk progress pengiriman tingkat sekolah.
b. Pilih propinsi, kabupaten/kota, kecamatan dan cari “status pengiriman“ data sekolah anda.
c. Untuk melihat “status data”, paling lama tunggu 1x24 jam apakah data tersebut
d. Belum di proses (default)
e. Berhasil di proses (1x24 jam)
f. Gagal di proses (1x24 jam)

8. Apakah setiap melakukan input data di komputer/ di laptop harus terhubung ke internet?
a Tidak harus. Di aplikasi pendataan ini kami sediakan fasilitas simpan lokal tujuannya ketika kita ingin meng-input data namun tidak ada koneksi internet maka kita bisa di simpan lokal dahulu dan ketika telah telah tersambung maka bisa langsung kirim ke server.

9. Jika saya ada pertanyaan dan kendala dalam penggunaan aplikasi pendataan. Siapa yang harus saya hubungi ?
a. KK-Datadik Propinsi/Kabupaten/Kota setempat
b. Chat dengan Technical Support Pendataan.
c. telepon CS kami


Website    : http://pendataan.dikdas.kemdikbud.go.id
Forum     : http://infopendataan.dikdas.kemdikbud.go.id/forum/index.php
email   : infopendataan.dikdas@gmail.com


Contact Person:
- Shandy    (085860092216)
- Hasan     (085721511354
- Yusuf     (085880745015)
- Alfi        (085694496800)
- Arfan        (081384640290)
- Dimas        (081913204343)
- Faisal Uje     (085720003549)
- Kholid    (08997162884)

Technical Support:
- Customer services 1         (YM: infopendataan_cs1@yahoo.co.id)
- Customer services 2           (YM: infopendataan_cs2@yahoo.co.id)
- Customer services 3        (YM: infopendataan_cs3@yahoo.co.id)
- Customer services 4        (YM: infopendataan_cs4@yahoo.co.id)
- Customer services 5        (YM: infopendataan_cs5@yahoo.co.id)
- Shandy          (Skype: shandy_aprilianto)
- Elan               (YM: el_pitak, Skype: elan.hermawan)
- Henry             (YM: ryu354, Skype: ryu354)
- Ilham             (YM: ilham_hambali, Skype: ilham_hambali23)
- Hasan            (YM: has_it2, Skype: hasanc354)
- Indra             (YM: drawhy, Skype : drawhy)
- Edwin             (YM: edwinjuanda, Skype : edwinjuanda)
- Donny             (YM: donny_fauzan, Skype : zaunaf)


10. saya sudah pernah mengentry data dengan menggunakan aplikasi versi 2011, bagaimana cara menggunakan aplikasi versi 2012?

a. konversikan database yang pernah dientry dengan aplikasi 2011 dengan link : pendataan.dikdas.kemdiknas.go.id/konversi.php
b. restore database dengan menggunakan aplikasi 2012, update data terbaru sekolah anda, klik validasi trasi sekolah terlebih dahulu, kemudian kirimkan ke server

11. sekolah saya memiliki lebih dari satu kode registrasi sekolah, kode registrasi mana digunakan?
a. ambil kode registrasi yang memiliki PTK terbanyak, karena kemungkinan hasil pembersihan data sekolah anda memiliki lebih dari satu akun data.
b. konsisten dengan menggunakan kode tersebut, abaikan kode sekolah yang kembar lainnya.


12. Bagaimana cara mendapatkan koderigstasi sekolah dan dboffline nya?
a. silahkan hubungi customer service/ helpdesk kami
b. tanyakan ke KKDATADIK Kabkota di wilayah kerja saudara

13. Data yang sudah di entry hilang, setelah aplikasi ditutup?
masalah yang sering terjadi adalah data yang sudah dientry kedalam aplikasi hilang :
1. data yang di entrykan ke dalam aplikasi belum valid, untuk memastikannya, silakan tambahakan 1 field lagi untuk \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\"mensave\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\" data hasil inputan
2. ada flag merah disisi kanan atas data hasil entry itu menunjukkan data belum dapat disimpan dalam aplikasi
3. refresh akan menghilangkan data yang sudah bapak entry jika data yang diisikan belum valid.
4. tekan enter untuk masuk ke record kedua, maka akan terlihat peringatan dari sistem jika ada data yang belum valid, betulkan data tersebut, jika tidak data yang sudah diisikan tidak akan tersimpan / hilang
5. pastikan tidak ada tanda \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\"flag merah\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\" sebelum kluar dari aplikasi
6. tekan enter atau tambah data kosong untuk memastikan inputan bapak tersimpan kemudian refresh.
7. back up data yang sudah dientry ke dalam simpan lokal

14. Dalam aplikasi tersedia fasilitas export import excell, bagaimana cara menggunakannya?
dalam aplikasi tersedia fasilitas export dan import kedalam format excell, dengan penjelasan sebagai berikut :
TUJUAN:
1. untuk memfasilitasi data yang biasanya sudah tersedia di dalam masing-masing sekolah sehingga tidak perlu menuliskan ulang satu persatu data yang sudah dimiliki oleh sekolah seperti nama siswa, NISN, Tempat lahir, tanggal lahir, dll, sesuai data yang dimiliki sekolah sehingga sekolah cukup copy-paste saja dari data yang sudahdimiliki sekolah sebelumnya.
2. memudahkan untuk mengentry data kedalam format excell (bagi yang familiar)
ATURAN :
1. Setting terlebih dahulu regional komputer anda ke dalam settingan waktu indonesia, dengan cara: start- control panel- clock, Language and region pilih format INDONESIA
2. excell (.xls dan .csv) hasil export dan import hanya dapat digunakan \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\"SATU KALI PAKAI\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\". hapus 2 file tersebut setelah digunakan, untuk mengentri kembali data kedalam excell harus dimulai dari export dari aplikasi.
3. data yang masuk hasil import ke dalam aplikasi akan menimpa seluruh nya data yang ada di panel siswa jika mengimport ke dalam panel siswa, atau PTK jika mengimport ke dalam panel PTK
4.  ENTRY data ke dalam bentuk excel hanya sesuai dengan format hasil export dari aplikasi, yang berisi angka-angka atau kode
5. Hanya untuk keperluan entry data primer Siswa dan PTK saja, sedangkan untuk entry data rinciannya masing-masing PTK tetap didalam aplikasi
6. ikuti cara inputan sesuai dengan contoh record / isian data pertama
CARA:
1. isikan lebih dahulu satu \\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\"record\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\\"/ isian secara lengkap siswa
2. pilih tab export excell, simpan dalam direktori dalam bentuk excell (.xls atau .xlsx)
3. buka file tersebut dan entry data ke dalam file tersebut dengan format isian seperti contoh isian paling atas hasil entryan dari aplikasi
4. dapat dilakukan copy paste dari data yang dimiliki sekolah, ke dalam excell tersebut sehingga mengurangi beban entrian sesuai dengan kolom yang ada (misal sekolah sudah memiliki file excell nama-nama siswa, NISN, nama PTK, dll)
5. setelah selesai entry data simpan file tsb dalam format .csv (save as - pilih format: csv comma delimited)
6. import ke dalam aplikasi file .csv tersebut, maka data yang anda entry dalam file excell akan masuk ke dalam aplikasi dan menimpa data seblumnya.
7. hapus file excell baik .xls maupun .csv nya, jika anda ingin menambahkan data lagi, export lagi melalui aplikasi dan lakukan langkah-langkah seprti diatas .
8. atau anda dapat melanjutkan entry data didalam aplikasi nya
9. INGAT file .xls dan .csv hanya di gunakan satu kali pakai, setelah selesai export - import HAPUS file tsb
10. fasilitas ini digunakan jika anda ingin mengentri data dalam bentuk excell dengan tujuan dapat mencopy-pastekan data yang sudah tersedia di sekolah sebelumnya

CATATAN PENTING EXPORT IMPORT :
1. fasilitas export dan impport dapat digunakan dengan syarat panel rincian tidak diisi terlebih dahulu ketika mau export/import, panel rincian diisi ketika selesai export dan import karena jika tidak akan mengakibatkan data INVALID
singkatnya isikan data rincian ketika selesai menggunakan fasilitas export import

15. Dapatkah pekerjaan entry data pada satu sekolah dikerjakan oleh lebih dari 1 orang?
ya dapat, dengan menggunakan fasilitas entry data dalam format excel (hasil export) membagi beban entry ke beberapa orang kemudian disatukan dalam 1 sheet excell (copy-paste) untuk di import kan kembali kedalam aplikasi.
entry data bersama-sama tidak dapat lakukan dalam aplikasi tapi menggunakan fasilitas export-import dalam excell
\\\"perhatikan rule aplikasi \\\"export import\\\"

16. Dapatkah 1 komputer digunakan untuk mengentri data lebih dari 1 sekolah?
Ya dapat, dengan cara merubah/rename “folder data” di C:\\Aplikasi Pendataan dengan nama sekolah yang telah dientry. Lalu buka kembali aplikasi pendataan maka sistem akan kembali menanyakan kode registrasi dekolah yang akan di entry lagi.
Untuk mengaktifkan kembali database atau aplikasi sekolah yang sebelumnya “rename” folder tersebut menjadi data. Dengan demikian folder data adalah menunjukkan sekolah yang aktif di dalam aplikasi





Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjugn di blog kami.